Buka jam 08.00 s/d jam 16.30 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Apa Sih Asam Urat Itu?

Apa Sih Asam Urat Itu?

Diposting pada 5 February 2018 oleh AlkesSAS

Apa Sih Asam Urat Itu?

Seseorang bisa dikatakan mengalami gangguan asam urat (gout) apabila kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal (diatas 7 mg%). Penaykit ini ditandai dengan pembengkakan di sendi-sendi lutut dan jari-jari yang disertai nyeri. Hal ini terjadi karena bertumpuknya kristal-kristal asam urat dari hasil metabolisme bahan pangan yang mengandung purin.

Ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan. Kandungan asam urat yang tinggi menyebakan nyeri dan sakit dipersedian yang amat sangat, jika sudah sangat parah, penderita bisa tidak bisa berjalan.

Kadar asam urat sangat berhubungan erat dengan makanan yang dikonsumsi.

Hindari konsumsi bahan pangan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti:

– Minuman fermentasi dan mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, dan tuak.
– Udang, remis, tiram, kepiting, kerang
– Berbagai jenis makanan kaleng seperti sarden,kornet sapi
– Berbagai jeroan seperti hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus,
– Buah-buahan tertentu seperti durian, alpokat dan es kelapa.

Beberapa prinsip diet yang harus dipatuhi oleh penderita asam urat:

  • Membatasi asupan purin atau rendah purin
    Pada diet normal, asupan purin biasanya mencapai 600-1.000 mg per hari. Namun, penderita asam urat harus membatasinya menjadi 120-150 mg per hari. Purin merupakan salah satu bagian dari protein. Membatasi asupan purin berarti juga mengurangi konsumsi makanan yang berprotein tinggi. Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita asam urat sekitar 50-70 gram bahan mentah per hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan/hari.
  • Asupan energi sesuai dengan kebutuhan
    Jumlah asupan energi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi badan dan berat badan.
  • Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat
    Jenis karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat adalah karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti, dan ubi. Karbohidrat kompleks ini sebaiknya dikonsumsi tidak kurang dari 100 gram per hari, yaitu sekitar 65-75% dari kebutuhan energi total. Sedangkan karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup sebaiknya dihindari karena akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  • Mengurangi konsumsi lemak
    Lemak bisa menghambat eksresi asam urat melalui urine. Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti jeroan, seafood, makanan yang digoreng, makanan bersantan, margarin, mentega, avokad, dan durian sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya hanya 10-15% dari kebutuhan energi total.
  • Mengonsumsi banyak cairan
    Penderita rematik dan asam urat disarankan untuk mengonsumsi cairan minimum 2,5 liter atau 10 gelas sehari. Cairan ini bisa diperoleh dari air putih, teh, kopi, cairan dari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, pir, jeruk, semangkan, melon, blewah, dan belimbing.
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
    Alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini bisa menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Karena itu, orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.
  • Mengonsumsi cukup vitamin dan mineral
    Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh akan dapat mempertahankan kondisi kesehatan yang baik.
  • Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran untuk menjaga ketahanan tubuh terhadap infeksi yang lebih parah. Buah dan sayuran untuk mengobati gangguan asam urat, antara lain buah naga, nanas, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai, dan tomat.

Oleh karena itu, jika ingin mengetahui kadar asam urat anda,bisa memakai alat cek gula darah. Untuk harga silahkan hubungi CS kami

 

HIMBAUAN : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman,MOHON artikel ini disharing kepada yang lain agar teman-teman kita agar mendapatkan manfaatnya,terima kasih

Bagikan informasi tentang Apa Sih Asam Urat Itu? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Sih Asam Urat Itu? | Alat Cek Gula Darah | Cek Asam Urat | Pengukur Kolesterol

Belum ada komentar untuk Apa Sih Asam Urat Itu?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan